Adindha.com

Tipe Jerawat dan Cara Perawatan


Hi Ladies!

Jerawat dan aku sepertinya hubungan relationship terpanjang yang aku miliki. haha. Aku masih ingat pertama kali mengalami jerawat ketika masih di bangku SMA. Saat kegiatanku cukup banyak dan untuk pergi dan pulang sekolah aku menggunakan angkutan umum dimana sudah pasti aku bertemu dengan matahari dan debu. 

Tapi ternyata aku masih belum juga putus hubungan dengan jerawat ( semacam orang pacaran benci tapi tak kandung bisa putus ) *LOL*. Aku pikir diumur yang sudah cukup dewasa, maksudnya melewati masa puber maka masalah jerawatku akan terhenti. Ternyata sampai saat ini aku masih menemukan jerawat disana dan disini pada daerah wajahku. Memang tidak sebanyak ketika aku masih dibangku sekolah. Karena tipe kulitku oily combination terkadang ketika aku terkena debu, stress, PMS, maupun menkonsumsi makanan yang dapat memicu jerawat ini, selanjutnya "teman setia" aka jerawat akan muncul. 

Nah sekiranya apakah kaliah sudah tau tipe jerawat dan cara perawatannya? 
Image from shutterstock
1. Whiteheads ( Komedo Putih )
Whiteheads ( komedo putih ) ini terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori atau kelenjar keringat dengan minyak, debu ( kotoran ), lemak maupun sel kulit mati. Whiteheads berbentuk bulat dan kecil, menurutku seperi berbentuk nasi yang tertinggal diwajah, hahaha.

Perawatan : kamu bisa menggunakan pencuci muka yang gentle dan tidak membuat kulit terlalu kering. Selain itu menambahkan acid toner seperti AHA/BHA bisa membantu membersihkan kulit mati maupun pori-pari kamu secara mendalam. Pengalamanku menggunakan produk COSRX AHA/BHA Clarifying toner dapat membantu untuk membuat whiteheads ini mengering dan dengan sendirinya akan rontok dari wajah.



COSRX AHA/BHA Clarifying Toner
Where do I get : Salah satu produk yang aku dapatkan melalui Hermo.com yang sudah tutup beroperasi. Tapi kamu bisa dapatkan produk ini di OL Shop/website kecantikan lainnya.
Price : Rp 160,000





2. Blackheads ( Komedo Hitam )
Sama seperti whiteheads, untuk tipe blackheads disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori. Bedanya blackhead dalam bentuk terbuka dan mengalami oksidasi karena terkena udara dan berubah menjadi warna gelap. 

Perawatan : Masih hampir sama seperti whiteheads, kamu bisa menggunakan  acid toner seperti AHA/BHA. Selain itu kamu bisa mencoba menggunakan scrub ataupun nose strip 1x seminggu.



Skinfood Black Sugar Mask
Where do I get : IG Shop Althea ID
Price : Rp 100,000





3. Papule ( Jerawat Papula )
Jerawat papula memiliki bentuk seperti gundukan, sedikit meradang, namun belum memiliki puncak dikarenakan belum penuh dengan nanah. Jerawat ini disebabkan whiteheads atau blackheads mengalami iritasi sehingga jerawat meradang, bertambah besar dan terasa sakit jika disentuh. 

Perawatan : Karena jerawat mengalami peradangan hindari produk yang dapat membuat bengkak. Jangan memakai pencuci wajah dengan butiran scrub tapi pilihlah pencuci wajah yang gentle ( seperti cetaphile). Kemudian pada bagian jerawat totolkan acne cream. Sampai saat ini acne cream yang cocok aku pakai dari Ristra, it's my hero! Selain itu hentikan dahulu pemakaian make-up seperti foundation, cushion, bedak two way cake, dan lainnya. Nah bagusnya kalian pakaikan acne patch jika sedang keluar rumah. Jika ada totolan obat jerawat bisa mengganggu penampilan, kalau menggunakan acne patch ini invisible jadi tidak terlihat. 







Ristra Acne Cream
Where do I get : Century
Price : Sekitar Rp 40,000, aku agak lupa harganya.









Nexcare Acne Patch
Where do I get : Watson Singapore ( tapi saat ini sudah tersedia di Guardian/Century/Watson di indonesia setauku )
Price : ( around ) Rp 30,000




5. Pustule ( Jerawat Pustula )
Terkadang aku memiliki tipe jerawat seperti ini, biasanya karena PMS ataupun jerawat yang tidak sengaja tersentuh oleh jariku yang sedang kotor. Jerawat pustula seperti papula tapi berisikan nanah. Biasanya bentuk jerawat ini lebih besar dan terasa sakit ( kadang kalau lagi muncul didaerah jidatku bikin pusing).

Perawatan : Aku biasanya menggunakan obat jerawat Ristra dan menunggu sampai benar-benar matang dan siap untuk dikeluarkan. Untuk mengeluarkan nanah didalam ini harus dengan tangan bersih ya, kalau aku suggest pakai dua cotton buds, kemudan dikeluarkan secara perlahan. Selanjutnya gunakan toner mengandung alkohol dan selanjutnya gunakan acne patch kembali sehingga bakteri tidak masuk ke dalam pori-pori terbuka.

6. Nodule ( Jerawat Nodul )
Benjolan yang besar, keras, meradang, dan sakit di bawah permukaan kulitmu. Ketika bakteri masuk pada pori-pori terbuka yang tersumbat oleh bintik hitam, pori-pori terkena infeksi. Untuk menahan infeksi, kulit akan meradang dari dalam, dan nodula muncul di luar.

Perawatan : Jerawat nodul memerlukan waktu agar hilang, kalau kamu memiliki jerawat dalam bentuk ini my best suggestion is to booked an appointment with demartologies. Karena menurutku tipe jerawat ini sudah merambat jauh ke dalam kulit. 

Dari beberapa tipe diatas aku paling sering memiliki whiteheads maupun papule didaerah wajahku. Untuk menguranginya aku melakukan double cleansing agar wajahku benar-benar bersih dari kotoran sebelum tidur. Menggunakan acid toner ( terlebih BHA toner ) juga membantu mencegah maupun meringankan jerawat yang memang terkadang muncul dan mengganggu ini.

Selain itu kamu bisa mencoba acne kit dari Paula Choice's ini jika kondisi kamu memiliki jerawat lebih dari 10 didaerah wajahmu. Aku pernah memiliki pengalaman dimana jerawat pada wajahku cukup banyak dan bandel. Setelah jerawatku hilang selanjutnya aku stop pemakaian produk ini. Tetapi aku masih suka muncul 1 - 2 jerawat pre atau post dari masa menstruasiku.

Produk ini ada dua tipe reguler strenght atau extra strenght, menurutku regular strenght sudah cukup  dan produk ini tidak membuat kulit kering ( biasanya acne product membuat kulit sangat kering ). Nah selain itu plus point lagi ada 2 week trial kit-nya loh! Jadi kamu bisa coba selama 2 minggu dan jika kamu ternyata tidak cocok jadinya tidak akan sayang terbuang banyak.





Paula Choice Acne Kit : Regular Strenght
Where do I getMimo beauty
Price : Rp 300,000 ( for 2 weeks trial )





Anyway apakah kalian mengalami hal yang sama? Let's share in comment section bellow!

Thank you for reading!


1 comment:

Created By Sora Templates