Adindha.com

101 Things : Istilah Skin Care


Hi Chica...

Kalian suka bingung ga sih dengan istilah skin care : double cleansing, double toning, AHA, BHA, dan lainnya? Sama! Pada awalnya aku bingung banget untuk catch up mengenai skin care. Aku hanya paham beberapa hal. Jadi aku coba searching untuk mengetahui lebih mengenai skin care. 

Semakin kita bertambah usia, terkadang kondisi kulit tidak sama seperti kita muda. Let's say aku sudah mau memasuki usia kepala 3.. *denial sebenernya :)* Aku notice kulitku sekarang pori lebih besar, banyak whitehead ( komedo putih ) ataupun warna kulit yang kurang merata. Walaupun jerawat saat ini tidak sebanyak dahulu, tapi ketika PMS atau aku kurang bersih dalam melakukan pembersihan wajah muncul jerawat satu atau dua.

Dalam pembersihan wajah ada beberapa step yang saat ini cukup banyak dibahas yaitu double cleansing dan double toning. Apa sih itu?

Double cleansing : Dari beberapa artikel yang aku baca, double cleansing adalah cara melakukan pembersihan wajah dengan dua step. Caranya gimana? Gampang. Pertama, gunakan cleansing milk/cream/oil  pada wajah yang kering pada step pertama. Kemudian dibersihkan dengan kapas, lanjutkan membersihkan wajah kamu dengan face wash.Kamu bisa pilih produk yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

Double toning : Untuk step ini adalah pemakaian dua jenis toner. Toner yang digunakan adalah exfoliating toner dan kemudian dilanjutkan dengan hydrating toner. Fungsi dari toner adalah untuk mengembalikan pH kulit, mengangkat sel kulit mati, memberikan hidrasi, dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk selanjutnya. Apa sih fungsing dari exfoliating toner dan  hydrating toner? Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sedangkan hydrating toner dapat memberikan hidrasi yang hilang ketika membersihkan kulit. Jadi kulit kita lebih siap menerima perawatan kulit selanjutnya misalnya : serum.

Pada exfoliating toner terkandung bahan acid dibawah ini. Aku coba cari informasi dan mendapatkan beberapa dari artikel mengenai acid. Berikut sekiranya summary mengenai acid.

Alpha-Hydroxy Acids (AHAs)
Yang termasuk Alpha-HydroxyAcids (AHAs) atau Asam alpha-hydroxy (AHA) ialah glycolic, lactic, tartarat, dan citric acids. Krim dan lotion yang mengandung AHA dapat membantu menghilangkan garis-garis halus, pigmentasi tidak teratur, dan bintik-bintik usia. Efek samping dari AHA ialah iritasi ringan dan sensitivitas karena berjemur.

Beta-Hydroxy Acid (Salicylic Acid)
Salicylic Acid (asam salisilat) berfungsi mengelupas serta memperbaiki tekstur dan warna kulit. Hal ini berlaku juga pada kulit yang berjerawat.Banyak produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Penelitian menunjukkan, dibandingkan AHA, asam salisilat tidak terlalu mengiritasi, tetapi memiliki hasil yang sama dalam meningkatkan tekstur dan warna kulit.

Toner mengandung AHA biasanya cocok untuk kulit yang mature/dry skin. Dimana memberikan tekstur lebih plump. Sedangkan BHA biasanya cocok untuk jenis kulit berminyak/jerawat/banyak komedo.

Untuk penggunaan acid pada wajah, cara terbaik adalah dengan menggunakan satu kali sehari ( biasanya malam hari).  Biarkan kulit membiasakan diri dengan produk ini dengan menerapkannya setiap hari, Jangan gunakan terlalu banyak, ikuti petunjuk pada botol atau kemasan.

 Nah tadi kan mengenai exfoliating toner, setelah step tersebut menggunakan hydrating toner. Dalam toner ini mengandung ingredient seperti dibawah ini :

Hyaluronic Acid ( HA ) 
Zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. Kepentingan akan Hyaluronic Acid tidak dapat dianggap remeh. Karena kita tahu bahwa sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air. Jadi air adalah sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan dan termasuk kecantikan. Karena ada bahan dasar air, maka toner ini memberikan kelembapan pada kulit. Karena jika kulit kita kekurangan HA maka menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.

Glycerin. 
Glycerin atay Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna dan rasanya manis. Gliserin memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Yang paling umum digunakan gliserin adalah dalam sabun dan produk kecantikan lainnya seperti lotion, sabun atau lainnya.

Gliserin adalah salah satu bahan kimia namun jangan khawatir karena zat ini tidak berbahaya. Fungsi dari bahan ini memberikan kelempaban pada kulit. Sehingga mengurangi kerutan maupun kering.

Semoga tulisan ini dapat membantu kalian ya...!! Selanjutnya aku akan review produk yang mengandung bahan diatas. Karena aku juga baru mulai untuk lebih care dengan kulit. 

Sebelumnya aku cukup sederhana membersihkan dengan micellar water, pembersih mata, SKII FTE dan facial wash. Semakin hari aku lihat ternyata aku perlu butuh ekstra perawatan. Aku tidak mau menyerah ke dokter kulit, takut ketergantungan. 

Selain itu kenapa perlu perawatan kulit ekstra, karena makeup pun akan terlihat lebih baik jika kondisi kulit juga prima.

Let's do it!
Xoxo

Adindha

Sumber :
Google
Wikipedia
http://tabloidnova.com/Mode-dan-Kecantikan/Kecantikan/Memahami-10-Istilah-Produk-Perawatan-Kulit

1 comment:

Created By Sora Templates